Selasa, 16 April 2013

MENGAPA SAYA LAYAK SEBAGAI GURU BERPRESTASI



MENGAPA SAYA LAYAK SEBAGAI
GURU BERPRESTASI



Diajukan oleh

Nama
:
ADI WIBAWA,S.Pd
NIP /NUPTK         
:
19740525200212 1009
Nama Sekolah      
:
SMA NEGERI 5 SEMARANG
Kota
:
SEMARANG
Provinsi
:
JAWA TENGAH







PEMILIHAN GURU BERPRESTASI SMA
TINGKAT KOTA SEMARANG
TAHUN 2013




  Bentuk Presentasi Power Point
BAB I
LATAR BELAKANG

Guru   adalah panutan bagi semua anak didiknya. Berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007, guru harus memiliki empat kompentensi, antara lain : kompetensi pedagogik, kompentensi kepribadian, kompentensi sosial dan kompetensi Profesional. Guru merupakan panggilan jiwa. Sangat sedikit sesorang untuk menjadi guru. Bagi mereka yang memiliki cita-cita guru, biasanya mereka yang hidup dari kalangan guru atau keluarganya ada yang menjadi guru.
Saya dibesarkan dari keluarga guru sehingga pembetukan karakter yang dimiliki sudah mengarah pada jati diri seorang guru.  Sejak saya lulusa SMA di tahun 1993 jurusan A1 (Fisika), saya memiliki cita-cita sebagai programmer. Mulai kuliah di tahun 1994 dengan mengambil 2 PTS yaitu IKIP PGRI Semarang mengambil bidang pendidikan jurusan Matematika (S1) dan STMiK Stikubank Semarang mengambil jurusan Manajamen Informatika Komputer (D3).
Kemampuan ilmu yang diperoleh dari perguruan tinggi tersebut, saya padukan dalam bentuk karya ilmiah mahasiswa dan diikutkan dalam  lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat kopertis VI Jawa Tengah di tahun 1997 serta menjuarai bidang pendidikan sehingga mewakili Jawa Tengah menuju  tingkat Regional B di Banjarmasin. Prestasi  LKTIM tersebut akhirnya sampai pada pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS) dan sebagai juara harapan I dalam PIMNAS bidang pendidikan.
Kecintaan dalam penilitian dan pembuatan karya tulis ilmiah tersebut, di tahun 1998 mengikuti LKTIM pada kali kedua. Hasilnya LKTIM tingkat perguruan tinggi membawa sampai pada tingkat kopertis wilayah VI Jawa Tangah dan akhirnya di kirim sampai pada tingkat Wilayah B serta mendapat Juara 3. Hasil LKTIM ini, selama 2 tahun mendapatkan beasiswa Supersemar melalui IKIP PGRI Semarang. Di Bulan Maret 1999 telah lulus S1  Pendidikan Matematika dari IKIP PGRI Semarang mendapatkan gelar S.Pd. dan satu tahun sebelumnya, 1998 saya telah lulus D3 Manajemen Informatika Komputer dari STMik Stikubank Semarang dan mendapatkan gelar A.Md.Mik.
Pengabdian menjadi guru bermula pada tahun ajaran 1999/2000,  menjadi guru Wiyata Bakti di SMA N 8 Semarang dan SMA N 5 Semarang.  Semenjak tahun 2002 melalui tes CPNS sebagai guru diterima. Terhitung mulai tanggal 1 Desember 2002 saya mendapatkan SK CPNS dengan NIP : 500108641.
Merubah paradigm dalam diri sendiri tidaklah mudah. Semenjak CPNS tersebut, bertambahlah beban dan tanggungjawab sebagai PNS dan guru. Tahap demi tahap dilaluinya, semenjak tahun 2002 tersebut beberapa ide pengembangan sekolah mulai dilakukan. Sasaran pertama adalah tenaga keadministrasian sekolah. Pembelajaran tehnologi informasi dan komunikasi saya terapkan di SMA N 5 Semarang, ikut menata manajemen sekolah dalam bidang manajemen dan kearsipan. Kemampuan bidang komputer ini saya terapkan dalam KBM di kelas. Tahap demi tahap bimbingan terhadap teman sejawat mulai berjalan dalam bidang komputer. Kemampuan Komputer dan matematika terus saya kembangkan dengan kreatifitas dan ide programing saya terapkan. Semenjak tahun 2006, saya terlibat aktif dalam pengembangan guru dalam bidang komputer khsusnya  pembuatan media pembelajaran berbasis TIK. Dari pengalaman tersebut, saya berkiprah diberbagai peningkatan SDM bagi guru yaitu : Menjadi narasumber  pembuatan media pembelajaran berbasis TIK untuk MGMP Matematika, MGMP Sosiologi , BPTIKPS Jawa Tengah dan MGMP Bahasa Inggris, Narasumber moving class di MKKS karesidenan Semarang dan SMA Blora, Narasumber  IHT pembuatan media berbasis TIK di  SMA 11 Semarang, SMA 7 Semarang, SMA 4 Semarang, SMA 1 Kendal,  SMA 8 Semarang dan SMA 6 Semarang. Narasumber Implementasi PSB di SMA 7 Semarang dan SMA 2 Kendal, dan Narasumber pengembangan perpustakaan dan otomatisasi di Unnes.
Latar belakang menjadi narasumber tersebut dikarenakan pengembangan profesionalisme guru melalui pembelajaran mandiri, workshop secara mandiri dan workshop atau diklat yang merupakan tugas sekolah. Adapun workshop yang telah diikuti adalah pembuatan bahan ajar berbasis TIK dari PUSTEKKOM Jakarta, BPM Jawa Tengah, BPTIKPS Jawa Tengah, dan DIT.PSMA Jakarta. Diklat Kepala Perpustakaan oleh Unnes, diklat Pengadaan Barang dan Jasa oleh Unnes.
Komponen guru professional telah kami terapkan. Sudah 14 tahun mengabdi sebagai guru belumlah cukup untuk pengembangan diri menjadi guru ideal sesuai  harapan dari Permendiknas no. 16 tahun 2007 tersebut.

A.    Motivasi Saya Mengikuti Pemilhan Guru berprestasi
Berdasarkan seleksi dari kepala Sekolah, pada bulan Maret 2013 diberilah amanat kepada saya untuk diusulkan mendapatkan  penghargaan “SATYALANCANA KARYASATYA 10 TAHUN“ sebagai duta SMA N 5 Semarang.  Dalam bulan yang sama juga, kepala sekolah memberikan amanat untuk menjadi duta sekolah dalam rangka guru berprestasi tahun 2013 tingkat Kota Semarang, berdasarkan surat edarana dari Dinas Pendidikan Kota Semarang, nomor : 860/1085 bulan maret 2013 tentang pemilihan guru, kepala sekolah dan pengawas berprestasi tahun 2013.  Syarat demi syarat saya ikuti dan saya susun. Sehingga pengumpulan berkas penilaian pada tanggal 28 Maret 2013 akhirnya selesai.
Atas dorongan, do’a, semangat dan dukungan teman sejawat inilah yang mendasari saya untuk mengikuti pemilihan guru berprestasi tingkat kota Semarang.  Pengumpulan portofolio sebagai syarat dalam pemilihan guru berprestasi mulai kami susun, makalah mulai kami buat semoga semua persyaratan dapat terkumpul tepat waktu. Dengan lengkapnya administrasi maka tahap awal penilaian sudah terpenuhi. Mengingat  terpilih menjadi duta sekolah berarti membawa amanat dari sekolah untuk menjaga nama baik sekolah dan saya di tingkat Kota Semarang.
B.     Visi dan Misi
Menjadi guru merupakan seni dan kepuasan batin tersendiri apabila para siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupannya. Sebagai guru saya memiliki prinsip bahwa segala ide, kreatifitas, dan cipta karya  harus memiliki nilai manfaat, baik untuk diri sendiri, siswa, teman sejwat, sekolah maupun negara, walaupun sangat kecil. Dengan bekal kemanfaatan yang kecil  dan jumlah banyak, semoga menjadi manfaat yang besar. Adapun visi saya sebagai guru adalah “menjadi guru yang professional dan kreatif”.
Visi adalah suatu impian yang merupakan cita-cita yang akan dicapai. Untuk mewujudkan suatu cita-cita maka harus melakukan ide-ide kecil yang terimplementasi, evaluasi, tindak lanjut dan pengembangan dalam bentuk indicator-indikator pencapaian. Sejalan dengan usia dan masa kerja, saya telah membuatkan beberaka program komputer sebagai bantuan administrasi sekolah meliputi pendataan online, pengumuman un secara online, pembuatan website sekolah dan pengembangan bahan ajar bahan uji yang tergabung dalam pusat sumber belajar.

BAB   I I
PRESTASIKU

            Prestasi adalah segalan bagi saya. Setiap menerima tugas, mengerjakan tugas dan melaporkan kegiatan harus memiliki prestasi yang unik, cepat dan tepat. Bekerja yang nikmat adalah pekerjaan yang dicintai sehingga dengan pekerjaan tersebut maka akan tumbuh kembang kepribadian dan kemandirian. Prestasi kerja merupakan idaman bagi setiap orang dengan meniti karier tahap demi tahap tentunya untuk mencapai prestasi kerja yang diimpikan. Bagaimana seorang guru memiliki prestasi kerja yang baik, apabila mengimplementasikan 4 kompetensi guru dalam kehidupan bekerja dan bermasyarakat.
Kondisi ideal menjadi guru berdasarkan Permendiknas No. 16 tahun 2007 sbb :
1.    Kompetensi Padegogik
a.         Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial,cultural, emosional, dan intelektual
b.         Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
c.         Mengembangkan kurikulum yang terkait mata pelajaran yang diampu.
d.        Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
e.         Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran
f.          Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
g.         Berkomunikasi efektif, empatik, dan santun ke peserta didik
h.         Menyelenggarakan penilaian evaluasi proses dan hasil belajar
2.    Kompentensi Kepribadian
a.         Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, social dan budaya bangsa
b.         Penampilan yang jujur, berakhlak mulia, teladan bagi peserta didik dan masyarakat
c.         Menampilkan dirisebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
d.        Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri
e.         Menjunjjung tinggi kode etik profesi guru
3.    Kompentensi Sosial
a.         Bersikap inkulif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras,kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial keluarga
b.         Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
c.         Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman social budaya
d.        Berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan
4.    Kompentensi Profesional
a.         Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pelajaran yang dimampu
b.         Mengusai standar kompentensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang dimampu
c.         Mengembangkan materi pembelajaran yang dimampu secara kreatif
d.        Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
e.         Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangakan diri.

Kondisi real selama menjadi guru 14 tahun 01 bulan sbb :
1.      Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan pelatihan yang telah di ikuti sebagai peningkatan profesionliseme guru dalam pengembangan pelajaran, pemanfaatn TIK serta pengembangan diri adalah sebagai berikut :

NAMA /
PENYELENGGARAN DAN
NO
JENIS DIKLAT
TEMPAT


a.
Bintek Pemrograman Program MPI bagi Guru SMA dan SMK
BPTIKP Dinas Pendidikan Prov. Jateng
b.
Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Mapel Matematika SMA se Kota Semarang
Dinas pendidikan Kota Semarang
c.
Pelatihan Bahasa Inggris Level Komunikasi
Lab. Bahasa SMAN 5 Semarang
d.
Workshop Sistem Informasi Sekolah
Kampus UNNES Ged.H Lt. 5 Ruang 405
e.
Workshop Jaringan Inovasi Pendidikan
LPMP Jawa Tengah
f.
Workshop Implementasi Paket Aplikasi Sekolah (PAS)
Dinas pendidikan kota Semarang di SMAN 1 Semarang
g.
Bintek Padati Web 2009
Dinas Pendidikan Kota Semarang di UNAKI Semarang
h.
Manajemen Pendataan Pendidikan
Aula Dinas Pendidikan Kota Semarang
i.
Pelatihan Design Presentation (Adobe Flash CS3)
Kantor PLUG-IN Semarang
j.
Sosialisasi Hasil Penilaian Buku Teks Pelajaran dan Program Buku Murah
Pusat Perbukuan Depdiknas di LPMP Jawa Tengah
k.
Pelatihan SIAP-ONLINE
Kantor Telkom Lt. 2
l.
Pelatihan Penulisan MobilEdukasi
BPM Jawa tengah  di Hotel Ungaran Cantik Ungaran
m.
Workshop Penanggung Jawab Pelaksana PSB di Sekolah Model
Kemendiknas di Hotel Mega Anggrek Jakarta
n.
Script Conference naskah m-Edukasi
Balai Pengembangan Multimedia Semarang
o.
Pendalaman materi dan Pelatihan ICT Matematika Program CSR Telkomsel
Kantor Telkomsel
p.
ICT Training for I-SCHOOL Application
Kantor PT. Indosat Tbk Lt. 5
q.
Seminar dan Workshop IT
Ged. Pusdiklat dan Lab. Komp LP3I
r.
Pelatihan Website design dengan Joomla Open Source
Kampus UNNES Ged. A2 Lt.2
s.
Workshop Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Uji Berbasis TIK
DIt. PSMA di Hotel Mega Anggrek Jakarta
t.
IHT Sekolah Model (SKM-PSB PBKL)
Ruang Media SMAN 5 Semarang
u.
Workshop Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Uji Berbasis TIK angkatan 2 Th. 2011
Direktorat Pembinaan SMA Jakarta
v.
Workshop Penyusunan Proposal Blockgrant ICT
P4TK Matematika Sleman
w.
Bintek Pemanfaatan dan Penerapan Materi Ajar Berbasis TIK bagi Guru SD, SMP, SMA dan SMK Angkatan III
BPTIKP Dinas Pendidikan Prov. Jateng
x.
Workshop Pengembang Konten PSB SMA dan Mata Pelajaran Th. 2011
DIT. PSMA di Hotel Grand Preanger Bandung
y.
Pelatihan Perpustakaan Pola 200 Jam
UPT Perpustakaan UNNES
z.
Workshop Pengembang Konten PSB SMA dan Mata Pelajaran Th. 2012
Hotel Grand Preanger Bandung
aa.
IHT Pelaksana SKM-PBKL-PSB Aspek 3.1 dan 3.2
Ruang Media SMAN 5 Semarang
ab.
Workshop Technopreneurship
Komunikasi online Indonesia di RM. Selasih Semarang
ac.
Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang
Aula LPM2P UNNES Ged. G Lt.1
ad.
Pelatihan Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah
LPPM UNNES
ae.
Workshop Tenaga Profesional Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Nasional RI Jakarta

2.      Keikutsertaan dalam forum ilmiah

NO
JENIS
TAHUN
PERAN DAN TINGKAT PENYELENGGARA
KEGIATAN
a.
Diskusi Ilmiah Terfokus Pengembangan Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Guru di Jawa Tengah melalui Program Totally Compact Development Campus
2009
Peserta/Kota
b.
Seminar Komputer (Linux)
2010
Peserta/Kota
c.
Seminar Nasional bertema Multimedia Masa Depan Dalam Pembelajaran
2010
Peserta/Nasional
d.
Lokakarya Finalisasi Penulisan Naskah Program m-Edukasi
2010
Peserta/Provinsi Jawa Tengah
e.
Seminar IT Microsoft Inbox
2011
Peserta/kota
f.
Seminar Indonesia Linux Release Party
2011
Peserta/Kota
g.
Sosialisasi Monitoring Program Schoolnet
2011
Peserta/Kota
h.
In House Training (IHT) SMAN 4 Semarang
2010
Narasumber/Kota
i.
Kegiatan MGMP Sosiologi Kota Semarang
2010
Narasumber/Kota
j.
IHT Jaringan Komputer Bagi Tenaga Kependidikan Aspek 4.2.7
2011
Narasumber/Kota
k.
IHT Implementasi PAS Bagi Tenaga Kependidikan Aspek 4.3.2
2011
Narasumber/Kota
l.
Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan
2012
Narasumber/Jawa Tengah
m.
IHT Eksternal (On Service) SMA Mitra PSB
2013
Narasumber/Kota
n.
IHT dan Workshop SKM Tahun ke-3
2011
Narasumber/Kota
0
MGMP Bahasa Inggris SMA Kota Semarang
2012
Narasumber/Kota
p.
Pelatihan Perpustakaan
2012
Narasumber/Kota
q.
Sosialisasi PAS Bagi staff SMA 5 Semarang
2009
Narasumber/Kota
r.
Pelatihan Blog Sebagai Media Pembelajaran
2010
Narasumber/Kota
s.
IHT E-Learning di SMA N 11 Semarang
2012
Narasumber/Kota
t.
IHT Media Pembelajaran Berbasis TIK
2012
Narasumber/Kota
u.
IHT Internal SKM-PBKL-PSB
2012
Narasumber/Kota


3.      Pembimbing siswa

 Sebagai guru saya melakukan pembimbingan siswa melalui ekstra kurikuler computer, OSN Komputer dan Matematika. Di tahun 2004, saya membimbing siswa OSN computer sampai menjadi juara tingkat Kota Semarang dan  mewakili Kota Semarang di tingkat Provinsi yang bertempat SMA Taruna Nusantara. Selama 3 tahun mengantar siswa juara tingkat Provinsi sehingga sekolah memberikan pengharagaan khusus kepada guru.




Hasil bimbingan siswa mulai 5 tahun berjalan memperoleh hasil sbb :

NO
NAMA KEGIATAN
TEMPAT DAN WAKTU


1)
Lomba Web Design Competition
Universitas Dian Nuswantoro, 23 Februari 2008

2)
Pelatihan Blog dan Website mini Kelas Unggulan
Lab. Komputer SMAN 5 Semarang, 30 Januari-6 Februari 2009

3)
Lomba Matematika Tk. SMA Se-Jateng 2009
IKIP PGRI Semarang, 18 Februari 2009

4)
Workshop Graphic Design
Plugin UNAKI Semarang, 11 Nopember 2009

5)
UNDIP's Mathematics Competition Se-Jateng, Tk. SD-SMP-SMA/Sederajat Tahun 2010
FMIPA UNDIP Semarang, 24 Januari 2010

6)
Lomba Matematika Se-Jawa Tengah
IKIP PGRI Semarang, 14 Februari 2010

7)
Lomba OSN Tk. Kota Semarang
SMAN 5 Semarang, 9-16 April 2010

8)
Lomba Mata Pelajaran TIK Kota Semarang
SMAN 5 Semarang, 7-10 November 2011

9)
OSN Komputer
SMAN 5 Semarang, 22 Maret-4 April 2012

10)
Lomba Matematika Tk. SMA Se-Jateng 2010
IKIP PGRI Semarang, 8 Februari 2010


4.      Pembimbingan teman sejawat

NO
MATA PELAJARAN/
INSTRUKTUR/GURU INTI
BIDANG STUDI
/TUTOR/PEMANDU/PAMONG PPL
1)
Matematika
Tutor Kejar Paket C di PKBM Budi Lestari
2)
TIK
Pamong PPL Mahasiswa UDINUS
3)
Matematika
Pamong PPL Mahasiswa IKIP PGRI Semarang
4)
Matematika
Pamong PPL Mahasiswa UNNES
5.      Karya pengembangan profesi

Karya pengembangan profesi yang menjadikan karya monumentasl mengingat program ini telah dan digunakan setiap tahunnya. Adapun karya tesebut adalah bidang software computer sbb :

NO
JUDUL
JENIS*)
TAHUN
PEMBUATAN
1)
Petunjuk penggunaan software Sistem Informasi Pembuatan dan Perhitungan Nilai Raport Versi 1.1
Software
2009
2)
Sistem Aplikasi Pendataan Layanan SMS Gateway
Software
2013
3)
Pembuatan Program pengumuman UN berbentuk website dan Online
Softawer
2009, pengembangan 2010 s.d. sekarang

Karya pengembangan profesi yang menjadikan karya monumentasl mengingat program ini telah dan digunakan setiap tahunnya. Adapun karya tesebut adalah bidang software computer sbb :

6.      Sertifikat keahlian/ Ketrampilan
Di samping mengajar matematika, sekolah memberikan amanat untuk pengembangan diri melalui diklat pengembangan profesi yang harus di ikuti. Data keahlian yang di ikuti adalah sbb :

NO
NAMA SERTIFIKAT
WAKTU
LEMBAGA YG
KEAHLIAN*)
PEROLEHAN DAN TINGKAT
MENGELUARKAN
1)
Kepala Perpustakaan
2012, Jawa Tengah
UPT Perpustakaan UNNES
2)
Pengadaan barang dan  jasa
2012, Nasional
LPPKM UNNES




7.      Pengalaman menjadi pengurus organisai di bidang kependidikan dan sosial
Sebagai guru untuk menambah pergaulan saya ikut organisasi profesi MGMP, RT, RW dan Majlis taklim Masjid Baitussalam. Data keikutsertaan dalam organisasi adalah sbb :

NO
NAMA
JABATAN
ORGANISASI
1)
Asosiasi Guru Matematika Indonesia
Sekretaris 2, tahun 2007
2)
Pengurus RT 10 RW IV Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Semarang
Sie. Remaja, Tahun 2008
3)
Pengurus Takmir Masjid "Baitus Salaam" Kalipancur
Wakil Sekretaris, Tahun 2010 s.d. sekarang
4)
Takmir Masjid "Baitus Salaam"
Wakil Ketua, tahun 2013 s.d. sekarang
5)
Pengurus RW XII Kel. Kalipancur Kec. Ngaliyan
Sekretaris, tahun 2012 s.d. sekarang

8.      Penghargaan dalam bidang kependidikan
Guru professional yang memiliki kreatifitas tertinggi sebagai visi saya sehingga saya mendapatkan penghargaan dari sekolah. Data pengharagaan sbb :
NO
JENIS
PEMBERI
TINGKAT*)
PENGHARGAAN
PENGHARGAAN
1)
Pembimbing siswa ekstra Website Komputer dalam olimpiade computer (OSN) selama 3 tahun berturut-turut (2003-2005)
Kepala SMAN 5 Semarang, tahun 2005
Satuan Pendidikan
2)
Membuat software system informasi pembuatan dan perhitungan nilai rapor sehingga digunakan oleh seluruh guru SMA 5 Semarang selama 3 semester (semester 2 Tahun Pelajaran 2007/2008, semester 1 dan semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009)
Kepala SMAN 5 Semarang, tahun 2009
Satuan Pendidikan
3)
Mendokumentasikan kegiatan moving class tahap I dalam film documenter sekolah sehingga sebagai panduan dalam penyusunan moving class SMA Lain (SMA 3 Semarang, SMA 11 Semarang, SMA Blora_
Kepala SMAN 5 Semarang, tahun 2009
Satuan Pendidikan
4)
Diusulkan memperoleh pengharagaan “SATYA LANCANA KARYASATYA 10 TAHUN
Kepala SMAN 5 Semarang, tahun 2013
Satuan Pendidikan
5)
Mengikuti guru berprestasi tahun 2013 tingkat kota semarang
Kepala SMAN 5 Semarang
Satuan Pendidikan


BAB  IV
HARAPAN DAN  RENCANA MASA DATANG


Dalam pembelajaran di kelas, saya selalu berupaya melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien yang didasari oleh pengalaman pendidikan dan prestasi kerja. Sistem mathtik selalau saya gunakan yaitu pengembangan matematika secara manual, sistematik dan menggunakaan tehnologi informasi dan komunikasi.
Di tahun 2012, model paper less sudah mulai digunakan hal ini, saya menciptakan blog dan website sebagai sarana komunikasi di dunia maya baik siswa maupun guru dengan alamat blognya : adisfamili.blogspot.com dan adiwibawa.web.id. Seluruh media pendidikan, materi pelajaran di sampaikan lewat web tersebut di download secara bebas baik oleh siswa ampuan maupun siswa dari sekolah lain dan tanpa terkeculai gurupun boleh mendownloadnya. Harapan di tahun mendatang pengembangan model paperless akan di tingkatkan dengan mendasarkan kompetensi guru.
Pembelajaran di kelas tidak membedakan antara peserta didik laki-laki dan perempuan, baik kaya maupun  miskin, ras keturunan, suku,budaya dan agama. Mengingat sistem mathtik adalah sistem berbagi dan tidak mengenal usia, jenis kelamin, tempat dan waktu.


BAB  V
PENUTUP

Menjadi guru professional dan kreatif  adalah idaman banyak guru sehingga  pengembangan kompetensi guru wajib dilakukan setiap saat dimana saja dan kapan saja. Guru yang berkembang dalam bidang ilmu pengetahuan selalu melakukan share baik dengan teman sejawat, siswa maupun masyarakat sehingga prinsip “RELA BERBAGI IKHLAS MEMBERI”. Proses merencanakan, mengimplementasikan, evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan serta pengembangan dalam proses kegiatan belajar mengajar selalu dilakukan agar mendapatkan hasil peserta didik sesuai dengan amanat pemerintah.
Demikian uraian singkat tentang saya layak jadi guru berprestasi, semoga dengan evaluasi diri saya dalam bentuk narasi ini dapat memotivasi baik untuk saya sendiri, teman sejawat maupun para siswa. Semoga narasi ini bermanfaat bagi semua pihak dan dapat meningkatkan profesionalisme diri.

Tidak ada komentar:

Komentar facebook